Hari Buku sedunia aka (World Book Day)

Sedikit berselancar dengan penyidikan, tanggal 23 April itu diperingati sebagai Hari Buku Dunia. Atau biasa disebut juga sebagai World Book Day yang ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 1995 lalu. Dan di Indonesia dikenal dengan nama WBDI (World Book Day Indonesia) yang oleh Forum Indonesia Membaca mulai dirayakan pada tahun 2006 lalu. Yang berarti tahun ini sudah memasuki usia ke 5 nya. Sayangnya belum banyak yang mengetahui bbahwa hari ini hari yang cukup bersejarah di dunia perbukuan dan literasi. Saya sendiri baru mengetahuinya kurang lebih sebulan yang lalu lewat salah satu situs pertemanan Twitter (Thanks a lot Twitter). Banyak dari teman-teman dan juga saudara yang saya ajak datang ke acara WBDI hari ini menanyakan apa itu WBDI. Rupanya hal ini belum begitu populer atau mungkin hanya kalangan perbukuan saja yang tahu. Yang berarti pula minat warga Indonesia terhadap dunia perbukuan dan juga apresiasi masyarakat terhadapnya masih kurang.

Ingin rasanya membuat orang-orang gemar membaca. Tapi terkadang respon yang ada dibilang hanya membuang-buang waktu saja. Atau dengan dalih sudah ada internet yang ahli dalam segala hal, lagian buang-buang duit saja. Dan dengan sangat tegas I’ll say: ” Reading is a great life style, and I do really have a lot of times to do the others activities.”

Apa yang salah dengan membaca. Buku itu luar biasa indahnya dan sungguh bisa membawa kita larut ke dalamnya. Banyak ilmu pengetahuan dan tentunya berbagai macam wawasan yang tak terkira indahnya. Memang dunia sekarang sudah canggih dan media elektronik pastinya menjadi pilihan number wahid untuk kategori terpraktis dan tercanggih. Tapi tak bisa dipungkiri juga bahwa terkadang apa yang kita cari belum tentu kita dapatkan di dunia maya itu.  Setidaknya, usahalah untuk menghargai dan mengapresiasi karya anak manusia yang luar biasa indahnya. So friends.., Let’s read!!

Namun, ada kebimbangan dari diri saya dengan keadaan alam yang semakin kurang bersahabat. Buku yang notabene mengharuskan pbrik pembuat kertas membeli kayu dari para penebang pohon, nampaknya harus dikurangi. Our earth needs more oxigen to breath. Seandainya audio book harganya tidak terlalu mencekik leher, sepertinya penebangan pohon bisa dikurangi. Kapan ya itu kejadian????????????? Aaaah, aku terlalu pesimis akan hal ini. Semoga saja segera ada produsen yang bisa merelease audio book denngan harga terjangkau oleh masyarakat menengah ke bawah di Indonesia. Semoga, Amiiiiiin.

NoTe:  Happy World Book Day, and don’t you ever quit to read!!! Enjoy reading every one….. o-O

Advertisements

2 thoughts on “Hari Buku sedunia aka (World Book Day)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s