another place to share

Verbal-Nonverbal


Just reviewed..

Komunikasi verbal dan nonverbal dalam komunikasi begitu penting. Verbal, karena kita berbahasa dan bisa berkomunikasi dengan bahasa. Kemudian kita hidup di alam dengan berbagai macam suku dan budaya. Masing-masing memiliki bahasa dan budaya sendiri. Lalu, bagaimana berkomunikasi dengan keberagaman tersebut??

Menurut saya ya mennyatukan keberagaman itu menjadi sebuah kesatuan. Sekarang ini bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa dunia, dan dengannya kita berkomunikasi dengan selurh warga dunia. Maka mau gak mau, kita harus mempelajarinya hingga setidaknya mengerti bahasa Ingris.

Namun, kekhawatiran lain adalah budaya dan bahasa yang berbeda atau bahkan sama bisa saja menimbulkan interpretasi yang beraneka rupa. Sebagai contoh kata nggih dalam bahasa Jawa berarti iya, sedangkan dalam bahasa Aceh Gayo nggih memiliki makna tidak. Sangat berlawanan bukan. Maka menurut saya di sinilah bahasa nonverbal melakkan perannya. Dengan gesture tubuh atau gerak tangan dan lain sebagainya, bahasa nonverbal bisa menjelaskan keambiguan dalam bahasa verbal. Dan kolaborasi antara bahasa verbal plus nonverbal, akan menghidupkan komunikasi antar bangsa dan budaya, semogaa. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s