Di antara manusia ada Tuhan

No one can make you feel inferior without your consent _Eleanor Roosevelt_

Awal membaca kalimat ini rasanya miris, pengen nangis, sedih tapi senang, dan seperti ada satu nyawa tambahan yang mengalir lembut dan hangat dalam aliran darah itu. Intinya terharu. Anggapan miris ini karna mungkin saya pernah merasa sebagai salah satu dari yang termarginalkan. Entah sejak kapan, pastinya pikiran dan hati saya selalu dicekoki dengan stigma itu. Sakit bukan main. Semakin dipikirkan, justru semakin menyakitkan. Oke, selesai.

Saat sedang terkungkung dalam pemikiran seperti itu yang saya butuhkan adalah tetap yakin. Keyakinan pada diri sendiri untuk menjadi sebenar-benarnya diri sendiri yang bisa berlaku baik bagi orang lain. Setidaknya tidak menyusahkan orang lain. Lihatlah keluar sebentar, betapa masih terlalu banyak hal bermanfaat yang menunggu untuk dilakukan ketimbang hanya bercokol dengan kegelisahan. Yakinlah bahwa hidup begitu indah seperti yang diharapkan.  And the must-to-do thing is let it (negative stigma) go away from our mind n heart. Tanggalkan saja pakaian yg penuh pemikiran-pemikiran tak membangun itu.

Bapak, Ibu, kakak, adek, om, tante, pakde, budhe, sepupu, saudara, teman, sahabat, tetangga, dosen, dokter, pengacara, polisi, guru, hakim, sopir, dan semua orang dengan berbagai atribut profesinya, siapapun mereka, mereka tetap manusia yang bernilai sama di mata Tuhan. Dan tak ada yang lebih pantas menganggap manusia itu rendah selain Tuhan. Then, jangan pernah biarkan orang lain menganggapmu rendah. Kalau galau, just share it.

So, fokuskan pikiran pada satu point: *untuk apa adaku di sini? simpel saja, BERIBADAH DAN MENUNTUT ILMU KARENA TUHANKU”. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s