Tentang Tips Cerpen Kompas

Dearest friend.., here are some tips from ‘Kompas Prose Maestro’, Fajar Putu Arcana.

Tips-tips ini saya dapat dari kuliah online aka mantengin timeline bli @fajar_arcana.  Walaupun harus berkompetisi ria untuk memunculkan cerpen saya di Kompas, tapi jujur tips ini sangat membantu saya. Dan jujur juga bukan patokan buat saya agar cerpen saya bisa dimuat di Kompas (level tulisan saya masih perlu untuk diasah lagi). Yang pasti, saya ambil manfaat dari ilmunya.

Karena menurut saya ini limited edition, saya rasa gak ada salahnya berbagi tips. So, tips menulis cerpen Kompas ala Bli Putu Fajar Arcana adalaaaaaaaah (jreng jreng jreeeeeeeeeng):

1. Perhatikan soal bahasa. Secara gramatika benar, mengandung kesegaran, dan diolah (bila perlu) dengan puitika yang menawan.

2. Sebaiknya bahasa juga mampu mengantarkan imajinasi pembaca kepada sesuatu di luar teks. Menggali narasi-narasi yang bisa memperkaya teks.

3. Terbuka terhadap eksplorasi dengan berbagai pendekatan. Realis hanya salah satu dari gaya yang diperhatikan. Cerita yang absurd dan solilokui juga dapat tempat.

4. Unsur seperti logika, konsistensi, kecermatan, karakterisasi, dan etika penggunaan bahasa serta kejujuran sangat jadi penentu.

5.  Silakan melakukan eksplorasi tema, lebih diperhatikan cerita yang menggali tema-tema unik dan spesifik dengan point of view yang menawan.

6. Sebaiknya kirim 1-2 cerpen dalam sebulan, tapi benar-benar sebuah pertarungan yang dahsyat. Tak perlu over produktif, karna terkadang jadi misin eksplorasi.

7. Penulis pemula tak perlu khawatir, semua dapat tempat. Editor membaca cerpen yang diinput ke basket koming secara berurutan sesuai antrean.

8. Cerpen bisa dikirim ke opini@kompas.com dengan cc can@kompas.com.

So, selamat berekspresi dengan kreatifitas yang kau miliki. Salurkan pemikiran dan ide-idemu dalam karyamu. Dengan begitu kepuasan batin akan membantumu untuk tetap tersenyum. Semoga bermanfaat ^_^

Leave a Reply

