another place to share

Air untuk kita

source:google

Sampai saat ini, saya tinggal di daerah dengan kualitas air yang masih baik. Beberapa kali berpindah tempat pun, Alhamdulillah lingkungan yang saya tempati mempunyai kualitas dan kuantitas air tanah yang masih baik dan layak konsumsi untuk kebutuhan sehari-hari. Well, saya sangat beruntung. Dan sangat berharap semua orang seberuntung saya. Namun sayangnya tidak.

Melihat kenyataan bahwa tiga perempat bagian dari bumi adalah air dan seperempatnya berupa daratan, seharusnya kebutuhan manusia akan air bisa terpenuhi. Namun pada kenyataannya tidak demikian. Jumlah air yang lebih dari cukup itu tidak semuanya dapat dikonsumsi. Air laut tidak bisa begitu saja digunakan untuk mencuci, memasak, danminum karena kandungan garamnya.  Hingga saat ini air tanah berperan penting bagi kelangsungan hidup manusia. Namun bila air tanah terus menerus dipergunakan, maka akan mengakibatan penurunan permukaan tanah. Dan permukaan laut bisa lebih tinggi.

source: google

Hingga sekarang ini pemanfaatan air permukaan belum maksimal dan masih jauh perbandingannya dengan penggunaan air tanah. Dan akibatnya sudah mulai dirasakan. Sebagai contoh daerah Muara Kamal, Jakarta Utara dan sekitarnya yang sering banjir ketika hujan turun atau pun saat air laut sedang pasang. Selain itu beberapa jalan dan jembatan yang mulai ambles juga merupakan imbas dari menurunnya permukaan tanah.

Tanpa kompromi lagi, harus mulai digalakkan penggunaan dan pemanfaatan air permukaan dengan sebaik-baiknya. Sayangnya minimnya alat untuk mengolah air permukaan menjadi air yang layak konsumsi menjadi penghambat. Sedangkan pemerintah masih berkutat dengan masalah hokum dan kasus-kasus korupsi yang entah sampai kapan akan selesai. Mereka terlalu sibuk dengan urusan yang itu-itu saja dan seolah lupa permasalahan rakyatnya. Persoalan pokok rakyat.  Padahal jika tidak segera diatasi, nantinya hal ini malah akan menimbulkan dampak yang malah akan menyulitkan pekmerintah juga. Bagaimana tidak, jika jembatan dan tanah ambles tak hanya di satu dua tiga tempat, maka harus dilakukan perbaikan sana sini yang justru akan membuang-buang duit dan menghabiskan anggaran. Sementara masalah hidup rakyat pun masih banyak yang harus dipenuhi.

Selain itu, kurangnya kesadaran manusia untuk menjaga kelestarian air pun juga sangat menghambat proses pemenfaatan air permukaan. Sampah yang menumpuk tambah memperparah kualitas air. Kandungan zat kimia dalam plastik dan lainnya dan mengendap lama dalam air akan memberi kualitas buruk bagi air. Tentunya hal ini akan menambah tingkat sterilasasi yang lebih rumit. Ironis bukan.

Saya yang masih berntung dengan air bersih saja mumet ngebayangin, apalagi mereka yang harus membeli air dan terpaksa menggunakan air sungai yang kotor untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi, mencuci dan lain sebagainya. Hmmmm….

Air di sekitar kita sangat berlimpah, namun air yang bisa digunakan sangat minim.

Untuk itu, di hari air sedunia ini, kita harus mulai memikirkan air bersih yang layak konsumsi. Mari berhemat dalam menggunakan air dan juga do not litter yaaaa… ^_^.

HAPPY WORLD WATER DAY, Everyone.. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s