Binar harapan dari Odong-odong

Keprihatinan akan minimnya lagu-lagu yang sesuai dengan usia anak-anak belum juga terobati. Semakin hari, lagu-lagu yang seharusnya bertabur keceriaan masa kanak-kanak dan sarat akan pendidikan itu semakin tergerus keberadaannya. Dan semakin sulit saja mendapati anak-anak menyanyikannya. Malahan, anak jaman sekarang sangat hafal di luar kepala lagu-lagu orang dewasa. Dan jika diperhatikan dengan seksama, esensi lagunya sangat tiak sesuai dengan usia mereka. Memprihatinkan. Sungguh memprihatinkan.

Tapi harapan akan hidupnya lagu anak-anak itu ternyata masih ada. Sebenarnya saya heran kenapa baru menyadarinya belakangan ini. Padahal sudah sering melihat dan mendengar lagu-lagu yang diputar sebagai pengiring mesin-mesin itu berjalan. Benar, saya yakin Anda pasti tahu yang namanya “odong-odong”. Wahana kuda bergoyang mini yang selalu berkeliling kampung. Bahkan gang-gang kecil pun tak luput disambangi. Dengan kayuhan pengemudi odong-odong di belakang, kuda-kuda itu pun bergoyang. Dan anak-anak yang menaikinya pun cukup dibuat senang. Dan yang menggembirakan lagi, lagu anak-anak itu mengudara kembali kawan. Bahkan lagu-lagu daerah dari seluruh Nusantara juga tersedia di odong-odong. Keren gak tuh. Yah, menyengkan melihat mereka dalam situasi seperti itu.

And guess what, It works! Cukup efektif untuk mem-fresh-kan kembali pikiran anak-anak dengan lagu-lagu yang mereka banget! And there’s not any better than that. Untuk sekarang! Sembari bermain, mereka bisa bernyanyi balonku, bersama-sama pula. Memori mengingatnya pun juga akan lebih gampang.

Yang jelas, saya masih menyisakan bahagia dalam hati saya. Ternyata masih ada asa di tengah matinya lagu anak-anak dewasa ini. So mari jo kita galakkan kembali the real world for our children. Mariiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii….. ^_^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s