Buzz Ur Looking

src:google
  • Penampilan, penampilan, dan penampilan.

Penampilan merupakan hal yang sebenarnya tak boleh disepelekan apalagi dinistakan dari diri setiap orang. Bagi saya, penampilan itu penting. Bagaimana orang menilai kita,  penampilan turut menjadi unsur penilaian. Karena dalam penampilan, interpretasi pertama orang tentang kita akan tergambar. Baik atau buruk, tergantung bagaimana kita berpenampilan.

Penampilan tak hanya sebatas how we looks saja, tapi juga terletak pada attitude dan cara berbicara. Semuanya harus diramu dan diejawantahkan dalam kombinasi yang baik hingga terwujudlah apa yang disebut penampilan.

Bagaimana berpenampilan yang baik? Versi saya, orang yang berpenampilan baik itu, minimal bisa bersikap seperti berikut:

1. Berpakaian yang baik
Cara berpakaian yang baik tak melulu harus mahal. Karena yang mahal pun belum tentu baik. Berpakaian rapi, bersih, dan nyaman bagi diri sendiri juga orang lain sudah menjadi nilai plus dalam berpenampilan. Akan sempurna pasnya bila bisa menyesuaikan pakaian dengan situasi acara atau agenda kita. Acara formal, pakailah kemeja, celana bahan, dress, rok, dan yang sedang in adalah batik. Batik tak boleh luput dari koleksi pakaian, karena tak akan lekang oleh zaman. Bergaya street dancer sangat jauh dari harapan. Tak menyamankan kita karena akan jadi pusat perhatian juga tidak membuat nyaman orang lain.
Boleh juga bergaya casual dan sporty saat agenda santai dan ringan. Kebaya saat acara penanaman pohon??? Oh, a very big no!!! adi, sesuaikan pakaian dengan kondisi.

2. Attitude yang baik
Bagaimana kita bersikap, orang lain pun akan bisa menggambarkan penilaiannya tentang kita. Bersikaplah sopan dan penuh tata krama. Orang lain tentu akan nyaman berada di sekitar kita. But, the most important is just be your self!! Menjadilah pribadi yang baik, dan sebaik-baiknya dirimu, serta sesuai dengan dirimu. Porsi bagaimana manusia untuk bersikap sudah tertanam dalam diri masing-masing. Dan saya yakin setiap manusia mampu memposisikan diri untuk bersikap.

3. Cara berbicara yang baik
Berbicara salah satu alat komunikasi untuk berinteraksi dengan orang lain. Namun, berbicara juga ada aturannya. Itulah kenapa ada bahasa. Dalam bahasa jawa, ada tata bahasa, tata krama, unggah—ungguh, dan lain sebaginya. Aturan dalam berbahasa disebut “Krawuh Basa”. Nilai-nilai dan segala lini aturan  berbahasa, diatur di dalamnya.
Tak hanya bahasa Jawa saja, tapi semua bahasa memiliki aturan berbahasa. Dengan siapa dan bagaimana berbicara, berbicara yang baik adalah tidak menyinggung perasaan orang lain. Menyamankan kedua belah pihak (kita dan mereka).

Pada dasarnya, penampilan yang baik adalah penampilan yang mampu memberikan kesan positif bagi orang lain, juga tidak menimbulkan ketaknyamanan bagi orang lain. Yang tak kalah penting, penampilan harus menyamankan si empu dari penampilan tersebut. So, selamat berpenampilan dengan sebaik-baiknya penampilan. ^_^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s