Ketika Bank Serupa Pekerjaan

Memilih produk perbankan yang sesuai dengan keinginan seperti dihadapkan pada pilihan tentang pekerjaan. Rasanya seolah menelan dilema mentah-mentah. Hati menginginkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan, bakat, dan yang memberikan remunerasi yang menguntungkan. Namun pada kenyataannya ketersediaan pekerjaan yang kita inginkan tidak selalu mudah untuk didapatkan, meskipun begitu banyak lapangan pekerjaan yang hampir setiap minggu mengisi kolom lowongan pekerjaan di koran-koran. Begitu juga dengan ihwal perbankan.

Di tengah kian kompleksnya kehidupan dan menjamurnya dunia perbankan, baik yang berbasis konvensional maupun syariah, kita dituntut untuk lebih cermat dalam memilih bank. Tentunya kita menginginkan bank yang menawarkan produk dan fasilitas yang membuat kita nyaman. Kenyamanan yang bagi kita (baca: nasabah) merupakan kualitas dengan kuantitas yang tak berkesudahan. Mungkinkah?

Ketika BNI (Bank Negara Indonesia) membuka unit Syariah yang kemudian dinamakan BNI Syariah, salah satu hal yang menarik bagi saya adalah kemudahan untuk membuka rekening di BNI konvensional. Tentu saja hal seperti ini tak ditemukan di bank-bank lain. Meskipun masih sebagai unit, namun dengan kemudahan untuk bertransaksi bagi pemegang rekening BNI Syariah di BNI konvensional, BNI telah berhasil melahirkan opini positif bagi saya pribadi.

Maksud saya begini. Setiap perusahaan pasti bertujuan untuk melebarkan usahanya, salah satunya dengan mengembangkan cabang atau unit. Artinya, cabang atau unit yang dibangunnya masih bagian dari perusahaan utama. Jadi, pelayanan BNI Syariah yang bisa didapatkan di BNI konvensional telah membuktikan adanya sebuah sinergi yang tidak serta merta memberi jeda ketika BNI membuka unit BNI Syariah. Terlepas dari akan semakin kompleksnya pengaturan internal perusahaan, BNI Syariah tidak otomatis terpisah karena basis Syariah yang dipandang berlawanan dengan teori konvensional. Dan disinilah saya merasa adanya sebuah usaha perusahaan untuk memberi kenyamanan nasabahnya yang ingin bertransaksi secara syariah tanpa harus bersusah-susah. Hal yang terkesan sepele namun memiliki kesan yang mendalam.

Selain itu, berbagai fasilitas yang ditawarkan BNI Syariah juga membuat mata terbelalak karena tawaran produknya selalu dibarengi dengan kesepakatan bersama (antara pihak bank dan nasabah). Bila tak ditemui kesepakatan, maka transaksi pun tak akan berjalan. Dapat dipastikan sulit menemukan wanprestasi yang menimbulkan perselisihan. Mengingat visi BNI Syariah untuk “Menjadi Bank Syariah yang unggul dalam layanan dan kinerja dengan menjalankan bisnis sesuai kaidah sehingga insya Allah membawa berkah”. Jadi, tak perlu lagi mengerutkan dahi hingga berlipat-lipat demi mencari bank yang memberikan kenyamanan bukan? Informasi detil tentang BNI Syariah dapat diakses di www.bnisyariah.co.id.

Note: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba artikel Republika tentang BNI Syariah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s