another place to share

Bukan Sekedar Arisan Biasa

Saya yakin pasti semua orang Indonesia amat sangat kenal dengan yang namanya arisan. Karena saya belum pernah menjumpai dan menemukan acara mengumpulkan duit dari para anggota lalu mengocok nama-nama mereka dan nama yang keluar adalah yang berhak mendapatkan uang tersebut.

Di luar pertentangan mengenai pendapat halal dan haramnya arisan, saya akan mengambil sisi positif dan menyoroti betapa arisan itu adalah sesuatu yang Indonesia banget. Dan setiap komunitas pasti ujung-ujungnya akan bermuara pada yang bernama arisan. Well, arisan itu sesuatu banget bagi orang Indonesia.

Beberapa waktu yang lalu, saya mendapat invitation dari sepupu untuk dating ke rumah. Ada arisan warga Wonogiri yang bekerja dan tinggal di Ibukota setiap tiga bulan sekali. Pada awalnya hal tersebut didasarkan pada keinginan untuk menjaga hubungan silaturahim dan kekeluargaan sesama warga Wonogiri. Maklum, biasanya orang daerah itu care dengan tetangganya saat berada di perantauan. Dan arisan yang saya hadiri kemarin pun juga merupakan salah satu manifestasi dari rasa ingin tetap mengenal dan berkumpul bersama.

Dan saya merasa bahwa arisan itu sesungguhnya tidak hanya sekedar arisan saja. Menurut saya, dalam arisan itu banyak sekali hal luar biasa yang bisa didapat:

  1. Menyambung tali silaturahim

Pasti yang kenal jadi kenal, yang kenal biasa-biasa saja jadi lebih kenal, yang sudah akarab pun akan lebih erat lagi ikatan silaturahim yang terjaga.

2. Tempat berbagi pengalaman dan pekerjaan

Setiap obrolan tak akan luput dari pertanyaan kerja dimana?  Bagaimana kerja/bisnisnya? Bagi-bagi tips dunk? Dan segambreng pertanyaan lainnya.

3. Bertukar ilmu juga diskusi

Nah, saya paling demen yang ini nih. Isi kepala setiap orang pasti berbeda-beda, it means sudut pandang mereka pun juga jauh sangat berbeda. Bisa bertukar pikiran juga ide tidak kalah luar biasanya bukan. Setelah arisan tidak hanya dapat sekedar kumpul-kumpul saja tapi juga ilmu dan pengalaman baru.

4. Lapak jualan

Gak sedikit bukan yang selalu membawa barang dagangan dan menawarkan kepada teman/ sahabat juga anggota arisan yang lainnya. Bahkan demi menggaet pelanggan, tidak sedikit yang menjual dagangan mereka dengan cara kredit. Hmmm, boleh juga yang ini nih.

5. Yang terkahir ini sebenarnya lebih kepada hal negative daria arisan. Yaitu ngerumpi alias bergosip.

Untuk yang ini saya kurang suka. Mungkin lebih seru kalau membicarakan kesuksesan orang dan hal-hal positif bagaimana kesuksesan mereka bisa menular kepada kita. Lebih seru bukan. Otak pun dituntut untuk lebih kreatif dalam berinovasi. Menarik bukan. 🙂

Jadi, kenapa arisan dan ajang kumpul kita bersma keluarga besar, teman, saudara, sahabat, juga siapa pun menjadi arisan yang banyak menuai manfaat? Bukan sekedar arisan dan bergosip ria saja. Pasti akan menjadi arisan yang bukan arisan biasa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s