Merajut Aksara Bersama FLP

Forum itu semaikan jutaan makna dalam jiwa.
Terbitkan selaksa cinta agar derap langkah bisa berguna.
Juga sepenggal kisah tentang merajut aksara.
Ahh, proses belajar yang begitu indah dan bertabur cinta.

Berawal dari keikutsertaan dalam sebuah kompetisi menulis, maka seketika saya menjadi begitu cinta dengan dunia tulis menulils. Meskipun saya masih termasuk orang yang begitu awam dalam menggabungkan beberapa kata menjadi satuan kalimat yang bagus, namun saya malah justru merasa sangat tertantang untuk bisa menghasilkan tulisan yang runtut dan menarik dibaca. Saya menemukan nyaman saat menulis dan bisa menyampaikan uneg-uneg tentang semua hal yang sulit saya utarakan lewat komunikasi lisan.

Tahap awal dalam usaha ini adalah tanpa sadar dan tanpa sengaja saya sanggup menjuarai kompetisi mengarang artikel. Meskipun tidak menempati posisi pertama, namun saya merasa bahwa inilah tahap awal saya dalam menulis. Tak selang berapa lama, organisasi siswa di sekolah saya mengadakan kerja sama dengan Forum Lingkar Pena Solo untuk mengisi semacam workshop menulis yang diadakan dua minggu sekali setiap hari sabtu sore. Tak jarang saat mengadakan seminar, bedah buku, dan bahkan workshop, kami selalu bekerja sama dengan FLP. Walhasil magnet kepenulisan menarik saya untuk terus menulis. Maka mulailah saya belajar banyak hal tentang menulis fiksi dan non-fiksi.

Sampai sewaktu masuk perguruan tinggi, media cetaklah yang menantang goresan pena saya. Berbekal keberanian dan kepercayaan diri, tulisan demi tulisan saya kirim. Maka selembar demi selembar surel penolakan pun saya terima. Saya tahu bahwa semua hal membutuhkan usaha. Dan pada setiap usaha akan menemui kegagalan. Maka saat itu kegagalan menjadi candu bagi saya untuk tetap menulis. Alhamdulillah, Allah memberikan jawaban atas usaha dan do’a saya. Satu demi satu tulisan saya pun mulai diterima media. Subhanallah, kepuasan batin itu benar-benar terasa.

Sejak saat itulah, keyakinan dan kemantapan hati tertanam dalam diri saya, bahwa siapapun bisa menjadi penulis. Setiap yang tertuang dari penanya adalah upaya aktualisasi diri menjadi pribadi yang berguna. Dan Forum Lingkar Pena banyak membantu saya. Terima kasih FLP, selamat ulang tahun yang ke 15, semoga setiap goresan pena senantiasa bernilai ibadah. Amin. 🙂

Leave a Reply

