Perbaikan Bermula dari Perubahan

Sebentar lagi bersua dengan Hari Pendidikan Nasional, sebentar lagi pula akan terdengar orang meneriakkan pendidikan, pendidikan dan pendidikan. Tepatnya pendidikan yang menuntut banyak perbaikan. Ya, wajah pendidikan yang terbarukan. Tak sekedar baru dan gres fasilitasnya, namun juga kualitas baru yang mengejawantahkan pendidikan.

Sekarang ini dalam hati terus mengeja mantra. Semoga saat tes penerimaan guru atau ketika pengangkatan pegawai negeri baru, setiap orang terbius pada kesibukan. Tanpa sempat melirik dan bertik tok dengan kuantitas. Apalagi kualitas yang hanya bertopeng dan realitanya tak begitu peduli pada edukasi Indonesia.

Ironi edukasi negeri ini adalah misteri. Namun kadar misterinya sudah tak lagi tersembunyi. Meski hingga kini masih saja ditemui trik trik negative, namun tetap saja edukasi negeri ini sudah pada tahap sakit kronis yang menggejala. Gejalanya bisa ditemui pada bagian mana saja, bahkan tanpa diduga. Mengerikan bukan.

Ada pepatah lama bilang,

Perubahan memang tak selalu berujung pada kebaikan, namun kebaikan bermula dari perubahan.”

Kurang lebih begitu kata-kata yang sempat saya baca beberapa waktu lalu, dan kata-kata itu jugalah yang mendorong saya untuk segera berubah dari saya yang malas menjadi saya yang tidak malas.  So, perubahan apa yang sudah kamu lakukan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s