[Resep] Lodeh yang Nagiiih

lodeh

Happy weekend, people…

Sudah boleh dibilang sabtu pagi kan ya, secara sudah masuk weekend gitu. Well, anyway ini ceritanya saya terbangun gegara baby boy yang bangunkan saya (yaiyalah, bayi pun haus kali maaak). Jadilah sekarang malah sayanya yang nggak bisa tidur. Dan gegara ada teman yang minta resep lodeh, jadilah deh sekalian saya posting sayur kecintaan saya yang tak terhingga. Berlebihaaaan. Etapi ini sayur lodeh sungguh-sungguh sayur favorit saya lho. Apalagi ditemani sambal terasi sama ikan or ikan asin goreng plus kerupuk. Aaaaa, dunia serasa milik saya doang (drama deeeh).

Kali ini teman lodeh saya adalah lele goreng dan sambal bawang. He? Emang cocok gitu? Ah, cocok-cocok saja kok. Rasanya tetap nyambung dan kompak di lidah. Cucoook. Dan kali ini lodehnya no need oil karena nggak pakai tumis bumbu, serba rebus dan cemplang cemplung, sayur lodeh ndeso. Langsung yuk ke eksekusi:

SAYUR LODEH NDESO
Bahan (adjustable yaaa):
1 terong hijau (untuk lodeh lebih cucok pakai terong hijau. Bila pakai terong ungu pun tak masalah, nggak ditangkap hansip kok)
1 buah labu siam
1 ikat kacang panjang (kurleb 8-10 buah)
2 bonggol jagung manis (karena saya doyan, biasanya saya tambah –kali ini saya skip lg ga ada stok)
Segenggam daun melinjo
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
Santan dari 1/2 butir kelapa
1/2 balok gula merah (pakai gula merah lebih pas di lidah saya dan keluarga, etapi pakai gula pasir pun tak masalah kok)
Garam secukupnya
Air (kurleb 2 gelas)

Bumbu; haluskan:
9 butir bawang merang
5 siung bawang putih
7 butir cabai merah keriting
3 butir kemiri (sangrai dulu lebih sip)
1/2 sdm ketumbar (sangrai dulu lebih sip)
1/2 sdm terasi bakar (pakai ebi sangrai juga boleh)
Tempe semangit
1 cm kencur (ini request babeh, ternyata rasanyapun nyus, sayur lodeh lebih seger, cucok di lidah kami– bila tak suka skip saja)

Eksekusi:
– Didihkan 2 gelas air di panci. Masukkan bumbu halus disusul daun salam dan lengkuas.
– Masukkan sayur-sayuran secara bertahap dimulai dari yang paling keras. Jagung, kacang panjang, labu, terong, daun melinjo.
– Tunggu air berkurang, masukkan santan. Tambahkan gula dan garam
– Koreksi rasa, tunggu hingga matang, angkat.sayur lodeh ndeso

lele goreng sambal bawang

LELE GORENGS

Bumbu haluskan (utk 15 ekor Lele):
7 siung bawang putih
1 sendok makan ketumbar
2 cm kunyit
Garam
– Campur semua bumbu dengan lele, diamkan sebentar lalu goreng deh.

SAMBAL BAWANG
25 buah cabe rawit
3 siung bawang putih
Garam
4 sdm minyak goreng panas bekas goreng lele

Uleg cabe, bawang dan garam (nggak usah terlalu halus), siram dengan minyak jelantah panas. Ready to serve.

Well done, selamat mencoba.

Leave a Reply

