Fashion: Yang Sadis Justru Bikin Eksis

Fashion. Tumbuh kembangnya begitu bombastis namun seringnya penuh cerita dramatis yang sadis. Untuk menjadi mahal, fashion harus jujur dan tak sekedar apa adanya dalam hal kualitas bukan kuantitas. Kualitas dimulai dari detil pada setiap benang yang terjahit rapi serta keluwesan potongan yang membuat nyaman saat dikenakan. Semua itu harus didukung dengan konsistensi tinggi juga daya juang yang tak boleh cepat mati, barulah kuantitas akan berbicara. Meski begitu, kualitas juara bukan berarti diikuti dengan kuantitas yang luber-luberan. Dalam fashion itu, semakin berkualitas, semakin terbatas. Begitulah, memang sadis.

Fashion dalam level dunia pun akan menjadi begitu kejam bagi mereka yang tidak sanggup bersaing dalam hal kreativitas dan bermental “kualitas”. Fashion bukan hanya sekedar sehelai kain yang dijahit menjadi pakaian. Fashion itu tentang passion, cinta, percaya diri dan mental berani untuk me-label-i diri dengan sesuatu yang unik dan berkualitas. Fashion itu merangkai segala nilai dan keunikan yang terserak dalam ruang kehidupan. Satu helai kain biasa akan menjadi luar biasa dengan harga cetar membahana di tangan profesional. Sebuah label pakaian mendadak menjadi begitu dielu-elukan dan dibanderol sangat mahal hanya karena nama pembuatnya yang terkenal karena kualitas jahitannya.

Siapa tak kenal Victoria’s Secret milik Victoria Beckham yang hanya diproduksi dalam jumlah terbatas dan tidak akan dikeluarkan lagi model yang sama di session-session berikutnya. Harganya yang selangit dan kelangkaannya membuatnya semakin mahal di mata pencinta fashion. Pada akhirnya hal ini berdampak pada bermunculannya produk tiruan/ KW dengan kualitas dan harga yang sangat jauh dibawahnya. Plagiarisme mendadak sangat mudah berhabitat, semacam mengubur kreativitas dengan sengaja. Lagi-lagi fashion menunjukkan kesadisannya. Oh life, I think fashion is all about quality and creativity.

Bagi saya fashion itu berkaryalah sekreatif kau bisa tak peduli seberapa kejamnya ia. Karena fashion tidak pernah ragu untuk menggabungkan merah dengan biru. Karena fashion akan selalu menemukan yang terbaik untukmu, untuk pemakainya. Untuk kitaaaaa. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s