Job Review, Kabar Gembira Bagi Blogger

job reviewSebagai seorang yang ngaku blogger, saya sangat menikmati kegiatan menulis dan berbagi hal-hal yang menurut saya menarik untuk dishare melalui blog saya. (Masih) sebagai yang ngaku blogger, saya menikmati kegiatan blog walking yang berdampak pada kenalan dan berujung dengan berteman, baik itu dengan sesama blogger ataupun bukan. Terlebih bisa bergabung dalam komunitas sesama blogger terus kopdaran terus share kegiatan terus jadian *eh kapan itu ya*. Yang tak kalah penting adalah saya dapat meraup pengetahuan demi pengetahuan baru setiap harinya. Ya, sebut saja blog itu sudah seperti random book bagi saya. Saya juga sangat menikmati kegiatan menanti dan kemudian membaca komentar-komentar yang seringnya tak tertebak oleh kepala. Walaupun terkadang saya dibuat sedih dan mau tak mau mengharuskan saya mengelus dada saat kebanyakan dari komentar-komentar itu masuk dalam spam list. Tak apalah, setidaknya ada yang mau datang berkunjung ke blog saya (hahaha, dapat spam banyak aja bangga).

Ohiya, saya turut bahagia mendengar kabar bahwa kini blogger tak lagi dianggap sebelah mata. Bahwa kini blogger juga merupakan sebuah profesi yang menghasilkan. Bisa uang, voucher, kulkas, gadget, dan lain sebagainya (maklum, blogger si pecinta kontes ngeblog). Apalagi sekarang ini banyak sekali perusahaan-perusahaan yang mulai melirik blogger sebagai salah satu marketing strategi menarik konsumen. Tentu saja dengan cara meminta para blogger membuat review tentang produk mereka di blog, inilah pekerjaan yang disebut dengan job review. Usut punya usut, honor dari job review itu lumayan lho. Jangan lupa bahwa 2015 adalah digital marketing era yang akan semakin menaikdaunkan profesi blogger (aamiiin semuanya yuuuuk).

Menyoal tentang job review, terus terang saya belum pernah dapat tawaran job review (padahal ngarepnya banget, hahhaha). Jadi, sebagai blogger yang ngarep bisa mendapat tawaran job review, ini pendapat saya tentang job review, silakan disimak untuk kemudian dikomentari habis-habisan (masih bagian dari ngarep dapat visitor banyak, bwahaha).

Dalam masa kekinian, job review akan semakin diminati para marketers perusahaan yang kemudian secara sengaja akan menjadikan job review ini sebagai bagian dari job desknya para blogger demi menyokong kebutuhan keluarga (eish, iya nggak siy?).

  • Job review bagi blogger itu seperti menemukan beef dalam bakwan. Blogger yang mendapat tawaran job review apalagi dengan imbalan yang luber-luberan tentu bahagianya tak tertampung dalam wajan. Ngeblog saja senengnya tak terkira apalagi disuruh ngeblog terus dapat bayaran pula, gimana nggak bahagia tuh. Bisa sekalian untuk menambah perlengkapan rumah dong apalagi momblogger seperti saya. *ngelist kebutuhan keluarga
  • Sejauh pengamatan dan penelusuran saya, pekerjaan job review tak banyak menuntut ini itu bagi blogger. Tak ada syarat ini itu yang terlalu berat dan ataupun mengikat karena blogger adalah independent professions (iya banget dong ya). Jaadi, makin-makin diminati para blogger dong job review ini.
  • Terus, dengan membuat job review, blogger bisa sekaligus melebarkan sayap perprofesian sebagai blogger dengan mengasah keterampilan menulis plus menambah network jangkauan sebagai blogger yang berpenghasilan. Eh, siapa bilang blogger nggak menghasilkan.
  • Last but not least, job review bagi blogger juga sebagai salah satu upaya menjaga keeksisan sebagai blogger. Semakin eksis ya, bukan semakin narsis, ehhehe.

Begitulah kira-kira bagaimana job review memiliki arti penting bagi blogger. Bagaimana dengan pendapatmu, bloggers?

P.S. : Kelak jika tiba tawaran job review itu, akan kugunakan fee itu untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan semua perlengkapan rumah *tsaaaaaaaah* *emak blogger idaman suami*

“Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog “Blogger dan Job Review” oleh Petrus Andre yang didukung oleh Ajeng Angelina dan Elisa Fariesta.”

2 thoughts on “Job Review, Kabar Gembira Bagi Blogger

Leave a Reply

